blognyaismawati

tempat melepas jenuh dan menyalurkan hobi


4 Komentar

Mencicil Tiket Ke Syurga Dengan “ODOP” Dan “ODOL”

 

Tak terasa sudah 4 tahun kami bersama. Belajar banyak hal. Saling menasihati, menyemangati, dan memperbaiki diri.

 
Berawal dari reuni teman-teman kuliah di grup WhatsApp. Bertemu kangen meski secara fisik tidak berada di tempat yang sama. Mulai banyak cerita mengalir, tentang aktivitas keseharian, pekerjaan, keluarga, macam-macam…

Baca lebih lanjut


Tinggalkan komentar

Ketika Anak Malas Belajar

Si Sulung Lulu

Si Sulung Lulu

Belakangan ini saya lumayan dibuat pusing oleh tingkah si sulung.  Ia sedang di fase “rebel” klo menurut saya. Sangat suka berargumen ato mungkin membantah lebih tepatnya. Ketika saya meminta ia melakukan sesuatu, ada saja alasannya untuk mangkir, termasuk ketika ia saya ajak belajar untuk sekedar mengulang pelajaran yang ia terima di sekolahnya.

Banyak deh alasannya ketika saya ajak ia membaca atau menulis, mau nonton TV dulu lah, tunggu sampe ada iklan lah, harus dibeliin es krim dulu lah… haduh, kadang sampe hilang kesabaran saya atau saya terlanjur repot dengan adik kecilnya, jadi tak sempat saya review pelajarannya. Baca lebih lanjut


Tinggalkan komentar

Internet, Tempat Saya Bertemu Jodoh Dan Mencari Pekerjaan

13971245834_7ae8775366

 

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Sudah lama sekali blog ini tidak saya update, sampe lumutan gini… saya malah sibuk ngisi web orang lain…hihihi.. gapapalah ya, dijalani saja selama saya bisa menikmatinya.

Bingung awalnya tentang apa yang akan saya tulis kali ini. Kalo bicara politik, terutama pilkada, nanti yang ada malah jadi “panas” dan saya juga bukan orang yang paham tentang hal ini, jadi topik ini engga banget buat saya. Baca lebih lanjut


1 Komentar

YANG GENTAYANGAN DI BULAN RAMADHAN

 

Dulu ketika saya kecil dan masih belajar berpuasa, Ramadhan identik sekali dengan kekhusyuan. Di siang hari, saya tidak menemukan penjual makanan yang menjajakan dagangannya, bahkan warung-warung banyak memilih tutup demi menghormati bulan Ramadhan sekaligus orang yang berpuasa.  Di malam hari, orang beramai-ramai mendatangi masjid untuk sholat tarawih, termasuk saya dan anak-anak lain yang harus meminta tanda tangan imam sebagai tanda keikutsertaan sebagai jamaah sholat tarawih. Baca lebih lanjut


4 Komentar

Tour de Jogja: Jadi Turis Sehari Bersama Alfath

 

 

20160514_123206

siswa dan guru Alfath

 

Bismillahirrahmaanirrahiim…

 

Tepat hari Sabtu kamarin (14/5/16), Alfath, sekolahnya Lulu, mengadakan tour menjelang akhir tahun ajaran. Pihak sekolah memilih Jogja sebagai tujuan wisata tahun ini. Hmmm… terakhir kali ke Jogja waktu saya kuliah dulu, itu juga lantaran ada kegiatan kampus di sana. Tour kali ini pastinya beda dengan yang pernah saya lakukan dulu. Yang pasti dari segi jarak tempuh perbedaan besarnya, dulu saya menempuh jarak Jakarta-Jogja, kalau tour Lulu rutenya Kendal-Jogja. Buat orang dewasa mungkin ini rute enteng, tapi gimana kalo bawa anak? Ga cuma satu pula, tapi dua anak, seperti saya ini. Kayanya berat ya kalo saya sendirian bersama dua anak, makanya ajak Abi, sekalian bisa refreshing sekeluarga 🙂 Baca lebih lanjut


6 Komentar

Ketika Rumput Tetangga Lebih Hijau Dibanding Rumput Sendiri

Sore itu, selesai memandikan anak-anak, muncul notifikasi whatsapp dari seorang teman. “Isma, lagi sibuk ga, mo curhat dong.” Ihiyyy… saya langsung berasa seperti Mamah Dedeh yang sering memberi tausiyah dan ceramah. Setelah basa-basi, obrolan kami berlanjut, teman saya mulai mengeluarkan unek-uneknya.

 

Jadi di kantor teman saya ini ada beberapa rekan kerja yang kerjanya santai sekali, tapi saat gajian mereka menerima tambahan insentif. Di sisi lain teman saya merasa sudah bekerja dengan sangat rajin, tapi ternyata ia tidak mendapat apa yang diterima rekan kerjanya. Pasti berasa nyesek ya klo ada di posisi teman saya ini. I know how it feels, karena dulu waktu masih bekerja saya juga pernah mengalami hal ini. Baca lebih lanjut


Tinggalkan komentar

my first post

Posting pertama nih… Tulisan berikut ini saya ikutkan di lomba menulis yang diadakan oleh emakpintar.com

6281311088522

Ngasah Otak Sekaligus Dapat Duit Dari Nulis

Setelah memiliki anak saya memutuskan untuk total jadi ibu rumah tangga. Rasanya saya bukan tipe wanita yang bisa membagi pikiran antara pekerjaan dan urusan anak, suami, plus rumah. Jadi daripada semua tanggung jawab saya terbengkalai lebih baik saya fokus pada yang jadi prioritas, yakni keluarga.

 
Awalnya bukan hal mudah untuk tetap tinggal di rumah, rasa bosan sering sekali datang di saat saya menjalani aktifitas yang monoton sepanjang hari, setiap hari. Sampai saya berpikir kalau saya harus punya aktifitas yang saya sukai yang bisa membuat saya tambah betah di rumah. Salah-satu kegiatan ini adalah menulis. Awalnya saya buruk sekali dalam menulis, jangankan untuk membuat sebuah paragraf, merangkai kata jadi satu kalimat saja terasa sulit sekali.
Tapi dengan menulis saya bisa mengasah otak, menemukan dunia baru diluar rutinitas sehari-hari, jadi saya menantang diri sendiri untuk melakukannya. Awalnya, saya hanya menulis artikel ringan yang saya kirim kepada pihak yang membutuhkan jasa saya. Lalu saya lanjutkan menulis artikel yang lebih serius yang membutuhkan banyak referensi sebagai bahan acuan. Sekarang saya rutin menulis dan menerjemahkan artikel. Dalam satu bulan ada kuota artikel yang harus saya penuhi. Dan ini jadi kesibukan yang seru bagi saya. Kesibukan yang  saya sukai.

 
Dari segi finansial, lumayan juga fee yang saya peroleh dari menulis. Saya bisa memperoleh uang tanpa harus keluar rumah. Cukup dengan duduk di depan laptop dan browsing sana-sini, lalu mulai menuangkan ide melalui untain kata dan kalimat. Tapi pernah juga saya kecewa. Dulu beberapa kali ada pihak yang ingin menggunakan jasa saya sebagai penulis artikel. Setelah sepakat dengan harga yang ditawarkan, mereka meminta saya untuk mengirimkan artikel yang  diminta. Tapi setelah artikel saya kirim, fee yang dijanjikan tidak saya peroleh, dan orang yang bersangkutan juga tidak bisa dihubungi. Tapi ya sudahlah, anggap saja ini pelajaran supaya saya lebih berhati-hati.

 
Sebenarnya saya juga mendapat banyak pengetahuan baru dari menulis. Saat saya menulis tentang keluarga, kesehatan, kehamilan, serta tumbuh-kembang anak, misalnya,  saya jadi mendapat informasi tentang bagaimana menjalani kehamilan yang baik, cara mengatasi keluhan penyakit ringan pada anak, dan banyak lagi yang sebelumnya tidak saya ketahui.
Memang untuk saat ini saya masih sebatas menulis artikel untuk web, tapi saya bercita-cita ingin sekali menulis buku. Buku dengan nama saya sebagai penulisnya. Semoga bisa tercapai.