blognyaismawati

tempat melepas jenuh dan menyalurkan hobi

Sabun Mandi Cair Dari Sabun Mandi Batangan, Yuk Coba Bikin…

1 Komentar

Dah menjelang akhir bulan, ikat pinggang perlu dikencangkan nih. Yang pasti harus lebih berhemat ya, terutama buat ibu rumah tangga seperti saya. Mungkin salah satu cara saya berhemat berikut ini bisa dicoba.

 
Di rumah kami sekeluarga lebih suka menggunakan sabun mandi cair. Kalo buat saya lebih simpel dan lebih higienis aja. Mau pake tinggal pencet dan busanya lebih banyak. Kalo pake sabun batangan dan jatuh-jatuh ke lantai kamar mandi, kayanya rada ga yakin dengan kebersihannya. Apalagi kalo anak-anak lagi main sabun sendiri, dah bisa dipastikan tuh sabun berkali-kali jatuh ke lantai.

 
Satu lagi yang saya ga suka dari sabun batangan, ketika akan digunakan, bagian dasarnya yang nempel ke wadahnya tuh jadi basah dan lembek-lembek gitu ya.. makanya saya beralih ke sabun mandi cair.

 
Tapi harga sabun mandi cair kan lebih mahal dibanding sabun batangan, akhirrnya saya coba cari cara gimana supaya bisa tetap menggunakan sabun mandi cair tapi tetap berhemat. Daaan.. saya bereksperimen membuat sabun mandi cair dari sabun mandi batangan.

 
Caranya sangat sederhana, saya hanya merebus sabun mandi batangan hingga bentuknya berubah menjadi cair. Supaya sabun bisa larut lebih cepat, sebelumnya sabun batangan dipotong kecil-kecil atau bisa juga diparut.
Saya sempet kawatir gagal, karena waktu dimasak kok larutan sabun dan air jadi encer sekali, tidak seperti tekstur sabun mandi cair biasanya yang kental. Tapi setelah didinginkan, ternyata larutan ini berubah jadi lebih pekat, terlalu pekat malah. Kayanya jumlah air yang saya pakai terlalu sedikit.

 
Nah, kalo ada yang tertarik untuk mencoba, berikut saya jelaskan langkah pembuatannya.


Bahan dan alat yang dibutuhkan:
– Sabun mandi batangan
– Parutan keju/parutan kelapa/pisau dan telenan
– Panci untuk memasak air
– 2 cup air
– Sendok

 

Pertama, parut sabun batangan agar lebih mudah larut. Pake parutan kelapa hasilnya akan lebih halus, tapi saya gunakan parutan keju karena Lulu ikut membantu. Parutan keju kan lebih aman dipegang anak-anak, daripada parutan kelapa yang tajam.

 


Setelah diparut, masukkan sabun ke panci, tambahkan air dan letakkan di atas kompor yang menyala. Saya pake api kecil saja, karena kawatir sabun jadi berbuih banyak dan tumpah-tumpah, terus diaduk hingga larut ya sabunnya.
Setelah sabun larut di air, matikan kompor, biarkan larutan dingin. Setelah dingin sabun cair bisa dituang ke dalam botol dan siap digunakan.

 
Taraaa… sekarang bisa lebih hemat nih pake sabunnya dan anak-anak bisa lebih bebas main gelembung sabun tanpa uminya complain 🙂

Iklan

Penulis: Ismawati

Ibu dari dua anak, suka menulis dan belajar masak tapi takut sekali menjadi pikun. Buat saya menulis bukan cuma hobi tapi juga senjata melawan kepikunan :) Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya buat para tamu yang mampir ke sini.

One thought on “Sabun Mandi Cair Dari Sabun Mandi Batangan, Yuk Coba Bikin…

  1. Amaaaaziinggggg…

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s