blognyaismawati

tempat melepas jenuh dan menyalurkan hobi

Mencicil Tiket Ke Syurga Dengan “ODOP” Dan “ODOL”

4 Komentar

 

Tak terasa sudah 4 tahun kami bersama. Belajar banyak hal. Saling menasihati, menyemangati, dan memperbaiki diri.

 
Berawal dari reuni teman-teman kuliah di grup WhatsApp. Bertemu kangen meski secara fisik tidak berada di tempat yang sama. Mulai banyak cerita mengalir, tentang aktivitas keseharian, pekerjaan, keluarga, macam-macam…

Berangkat dari kesadaran masing-masing tentang sulitnya meluangkan waktu untuk secara rutin hadir di pengajian, duduk di majlis ilmu, atau sekedar membaca terjemahan Al Qur’an untuk lebih mendalami isinya, salah satu teman berinisiatif untuk membentuk grup tilawah virtual.

 
Bisa dibilang buat kami, ini bukan hal yang mudah. Bagi yang punya batita, seperti saya, jangankan untuk khusyu menyimak tafsir Al Qur’an, sekedar untuk sholat wajib 5 waktu saja serasa seperti dikejar deadline. Buat teman yang bekerja, beda lagi hambatannya. Kadang beban kerja membuat mereka harus pindah dari satu meeting ke meeting berikutnya, diikuti target kerja yang harus dipenuhi. Belum lagi yang bekerja sekaligus jadi ibu rumah tangga, duh.. pasti dobel repotnya…

 
Group tilawah yang kami bentuk ini serupa tapi tak sama dengan ODOJ (One Day One Juz). Kalau di ODOJ, tiap member setiap hari harus tilawah sebanyak 1 juz. Tapi grup kami bernama ODOP/ODOL. Di putaran pertama, tiap member setiap hari wajib tilawah setidaknya satu halaman Al Qur’an (ODOP/One Day One Page). Alhamdulillah rutinitas ini berlangsung sampai kami mengkhatamkan seluruh juz. Di putaran selanjutnya, kami merasa perlu ada peningkatan. Jadi sekarang tiap member harus minimal tilawah sebanyak 1 lembar alias 2 halaman Al Qur’an (ODOL/One Day One Lembar).

 
Kenapa tidak bikin grup ODOJ aja? Saya pribadi akan langsung melambaikan tangan, bahkan dengan dua tangan sekaligus dua kaki kalau perlu…lom sangguup…  Jadi pelan-pelan dulu aja deh.

 
Grup ini dibentuk di tahun 2013 dengan nama “Grup Tilawah Predator.” Kok pake nama predator? Saya juga rada lupa kenapa kami pilih nama ini. Semoga saja nama ini menjadikan para anggotanya sebagai pemangsa pahala… aamiin. Kemudian tahun 2015 kami berganti nama jadi “Grup Tilawah Sholehah.”

 

Anggota di grup ini beberapa kali berganti. Datang dan pergi. Beberapa tereliminasi karena minimnya konsistensi.
Seiring dinamika politik yang kian berkembang…. tsaaaahhh… ibarat partai politik, kamipun membuka diri bagi pihak luar yang ingin bergabung. Keanggotaan tidak lagi eksklusif untuk alumni ED UNJ 2001 (laaahhhh…. frens… ketahuan dah umur kita.. hahaha).

 
Sistem member get member diterapkan. Insya Allah member yang berhasil merekrut anggota baru akan mendapat point reward yang bisa di-redeem di akhirat nanti… aamiin.

 
Kami berharap semoga amalan kecil yang rutin ini bisa menambah berat timbangan kebaikan di akhirat, dan menjadi tiket masuk kami beserta keluarga untuk ke syurga-Nya. Belum mampu bangun rumah di sana, setidaknya megang tiket masuknya… 🙂

Iklan

Penulis: Ismawati

Ibu dari dua anak, suka menulis dan belajar masak tapi takut sekali menjadi pikun. Buat saya menulis bukan cuma hobi tapi juga senjata melawan kepikunan :) Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya buat para tamu yang mampir ke sini.

4 thoughts on “Mencicil Tiket Ke Syurga Dengan “ODOP” Dan “ODOL”

  1. ismaaa.. pengen nangis bacanya.. gak nyangka y udh 4 tahun huhuhuuu..
    amiiin ya Allah.. jadikanlah usaha kami ladang untuk kmi tuai kelak hasilnya d surgaMu (walaupun masih sering di ingatkan klo blm ngaji2) hehe amin amin ya Allah

    Suka

  2. Ismaaaaa…. laaaaappph yuh puulll

    -dr yg msh suka bny komplain d grup ngaji, tp msh pd sabar nanggepinnya-

    He he he he…

    Smga mnjdi tiket kita k jannahnya ya Ma… semangaaaattt

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s