blognyaismawati

tempat melepas jenuh dan menyalurkan hobi

YANG GENTAYANGAN DI BULAN RAMADHAN

1 Komentar

 

Dulu ketika saya kecil dan masih belajar berpuasa, Ramadhan identik sekali dengan kekhusyuan. Di siang hari, saya tidak menemukan penjual makanan yang menjajakan dagangannya, bahkan warung-warung banyak memilih tutup demi menghormati bulan Ramadhan sekaligus orang yang berpuasa.  Di malam hari, orang beramai-ramai mendatangi masjid untuk sholat tarawih, termasuk saya dan anak-anak lain yang harus meminta tanda tangan imam sebagai tanda keikutsertaan sebagai jamaah sholat tarawih.

Hari ini memang belum masuk bulan Ramadhan tapi sudah mulai terasa nih ujian yang akan kita hadapi nanti. Tak perlu keluar rumah karena godaan itu justru ada di dalam rumah. Mereka sudah mulai gentayangan bahkan sebelum Ramadhan dimulai.

Iklan sirup

Matahari mulai tinggi, saya masih sibuk dengan pekerjaan rumah yang tak ada habisnya. Mumpung si kecil tidur saya memanfaatkan waktu untuk beres-beres rumah, sekalian deh nyalain TV biar ada hiburan, pikir saya. Dan pas saja, begitu TV dinyalakan, yang pertama saya lihat adalah jeda komersil sebuah varian sirup dengan warna yang menarik ditambah dengan aneka potongan buah segar tersaji dalam wadah berisi  es batu yang sepertinya nyessss banget diminum di siang hari yang panas ini.

Haduh, ngiler ga sih ngeliatnya… apalagi saya memang belum sempat minum dan lagi kegerahan banget nih, gimana nanti kalo saya lagi puasa ya…?

Iklan rokok

Iklan rokok yang tadinya baru boleh mejeng di TV setelah jam 10 malam, di bulan Ramadhan jadi tayang lebih dini. Menjelang maghrib mulai bermunculan deh tuh produk yang satu ini. Emang sih, saya akui, iklan rokok versi Ramadhan rata-rata bagus, dikemas sedemikian rupa sampe-sampe yang nonton ga sadar kalo itu adalah iklan rokok. Packaging Ramadhan yang religius seolah menjadi surat izin bagi produk rokok untuk tampil di prime time. Semua orang pasti melihat iklan ini, termasuk anak-anak. So, para orangtua perlu ekstra kerja keras nih menanamkan bahaya rokok ke anak.

Iklan makanan

Puasa berarti menahan diri dari lapar dan haus, tidak makan dan tidak minum. Buat sebagian orang makna puasa dalam artian yang sempit ini masih sulit dijalankan, terlebih bagi anak-anak. Apalagi yang namanya di bulan Ramadhan, kenapa sih ya iklan makanan meraja-lela banget? Buat saya nih yang punya niat mau ngajarin anak untuk berpuasa jelas keganggu dong dengan iklan-iklan makanan yang berseliweran di TV. Bisa-bisa iklan-iklan itu mengacaukan rencana saya, secara ga mungkin juga anak saya ga nonton TV selama puasa.

Ahhh sekarang makna Ramadhan sudah bergeser ya. Kini bulan puasa lebih banyak nilai komersilnya. Penggiat industri kuliner rame-rame menawarkan produk makanan khusus di bulan Ramadhan dengan harga spesial. Kayanay belum buka puasa namanya kalo bukan makan di tempat mereka atau makan makana yang mereka jual. Belum lagi pasar-pasar swalayan yang udah nawarin diskon hari raya… puasa aja belum dah ada pesta belanja hari raya hihihi…

Penting untuk diingat, puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus tapi juga menahan hawa nafsu; hawa nafsu untuk masak berlebihan, hawa nafsu untuk makan yang enak-enak, atau hawa nafsu membeli macam-macam dengan alasan Ramadhan. Seperti yang saya bilang tadi, godaan terbesar itu ada di dalam rumah kita. Jadi kita perlu pintar-pintar cari cara supaya godaan itu ga berhasil merusak puasa kita. Semoga Ramadhan kita tahun ini lebih baik dari tahun lalu…. aamiin…

Marhaban yaa Ramadhan

Iklan

Penulis: Ismawati

Ibu dari dua anak, suka menulis dan belajar masak tapi takut sekali menjadi pikun. Buat saya menulis bukan cuma hobi tapi juga senjata melawan kepikunan :) Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya buat para tamu yang mampir ke sini.

One thought on “YANG GENTAYANGAN DI BULAN RAMADHAN

  1. Heheheee percuma warung buka tapi TV malah acara masak2an & wisata kuliner juga

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s