blognyaismawati

tempat melepas jenuh dan menyalurkan hobi

Tour de Jogja: Jadi Turis Sehari Bersama Alfath

4 Komentar

20160514_123206

siswa dan guru Alfath

Bismillahirrahmaanirrahiim…

Tepat hari Sabtu kamarin (14/5/16), Alfath, sekolahnya Lulu, mengadakan tour menjelang akhir tahun ajaran. Pihak sekolah memilih Jogja sebagai tujuan wisata tahun ini. Hmmm… terakhir kali ke Jogja waktu saya kuliah dulu, itu juga lantaran ada kegiatan kampus di sana. Tour kali ini pastinya beda dengan yang pernah saya lakukan dulu. Yang pasti dari segi jarak tempuh perbedaan besarnya, dulu saya menempuh jarak Jakarta-Jogja, kalau tour Lulu rutenya Kendal-Jogja. Buat orang dewasa mungkin ini rute enteng, tapi gimana kalo bawa anak? Ga cuma satu pula, tapi dua anak, seperti saya ini. Kayanya berat ya kalo saya sendirian bersama dua anak, makanya ajak Abi, sekalian bisa refreshing sekeluarga 🙂

baru nyampe museum

Pergi jalan-jalan seorang diri aja butuh persiapan, apalagi bila harus membawa serta anak kecil. Persiapannya juga ga bisa sekaligus, dicicil dikit-dikit sejak satu hari sebelumnya. Kok lama banget persiapannya? Yah, maklumlah, bisa aja sih siapin semua beberapa jam sebelum berangkat dengan catatan tidak ada gangguan dari anak-anak, dan sepertinya itu tidak mungkin untuk saya. Baru juga mau milih baju yang mo dibawa, udah ada si kecil yang minta ditemenin main, ada aja deh gangguannya.

di air mancur selamat datang

Duh rempong deh emak-emak kalo acara kaya gini… hihih. Tidak banyak sebenarnya barang bawaan saya, cukup satu tas bayi dan satu tas ransel. Tas bayi saya isi dengan baju dan keperluan si kecil serta mukena. Sedangkan tas ransel yang akan dibawa suami saya isi dengan baju ganti Lulu, cemilan, minum, dan obat yang sekiranya diperlukan. Oke, kayanya semua dah siap nih.. berangkaaaaat!

Rombongan diminta berkumpul di sekolah sekitar jam 6 pagi. Jadi jam berapa saya harus bangun? Yang pasti cukup pagi untuk lebih dulu beres-beres rumah, mempersiapkan sarapan, dan cukup waktu untuk membujuk anak-anak bangun lebih pagi dan bersiap-siap. Rencana awal sarapan akan saya bawa saja dalam kotak makan bila waktunya mepet dan anak-anak belum mau makan karena masih terlalu pagi. Ternyata mereka mau ketika saya tawarkan nasi goreng dan tidak rewel saat mandi dan bersiap. Tapi tetap saya sisihkan nasi goreng untuk dibawa, jaga-jaga bila mereka kembali merasa lapar di sela waktu makan.

Ada 3 lokasi yang menjadi tujuan kami, yakni museum Sonobudoyo, Taman Pintar dan pasar Malioboro. Rombongan memulai perjalanan dari Kendal pukul 7 pagi. Perkiraan kami akan tiba di Jogja sekitar jam 11, tapi meleset jadi jam 12, ketemu macet ternyata.

Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo jadi tujuan pertama kami. Letaknya yang di pusat kota memudahkan akses ke tempat ini. Setelah turun dari bus, kami berjalan kaki sekitar 500 meter. Sebenarnya bisa juga menuju ke sana dengan menggunakan becak. Tapi tak terasa karena beramai-ramai akhirnya sampai juga di museum ini.

duet maut :)

duet maut 🙂

Di pintu masuk, berjejer alat musik gamelan, di sudut ruangan seorang bapak berpakaian tradisional memainkan instrumen tradisional ini. Anak-anak yang awalnya sekedar lihat-lihat mulai tertarik tapi sepertinya pengunjung tidak bisa memainkannya sesuka hati, jadi cukup pegang-pegang dikit sambil foto-foto.

Pemandu dari museum menjelaskan satu per satu isi museum ini. Kakak Lulu tertarik sih mendengarkan penjelasan dari pemandu museum tapi tetap aja dia ga mau lepas dari gandengan uminya.

20160514_143254

energi menerbangkan bola kuning

Selesai melihat-lihat, rombongan istirahat untuk sholat dan makan siang. ada area seperti pendopo di luar museum yang kami gunakan sebagai tempat makan siang. tak jauh dari situ, beberapa pengrajin terlihat sedang membuat wayang dari kulit. Beberapa pengunjung tertarik untuk mengamati dan bertanya-tanya tentang proses pembuatan wayang kulit ini.

Taman Pintar

Destinasi selanjutnya adalah Taman Pintar. Rutenya sebenarnya balik arah ke tempat parkir bus karena lokasi Taman Pintar ini berada di depannya. Saya memilih naik becak menuju lokasi, hitung-hitung menghemat energi sekaligus menikmati suasana naik becak di Jogja.. hehe…

di taman pintar

Di bagian depan, pengunjung disambut oleh air mancur. Kita bisa berjalan di bawah air mancur ini tanpa basah. Anak-anak ketemua air ya seneng banget deh… mereka malah bolak-balik meleawti air mancur ini.

Di bagian lain, masih di luar ruangan, ada jejeran alat musik gendang yang menempel pada dinding. Pengunjung bisa memukul gendang untuk mendengar bunyai yang berbeda-beda. Di pintu masuk di dekat bagian informasi, tersedia touchscreen untuk mengetahui zona apa saja yang ada di taman pintar ini.

Setelah mendapat tiket, pengunjung pertama kali akan memasuki akuarium berukuran besar. Ada satu jenis ikan raksasa yang menarik perhatian Lulu sejak mengantri tiket. “Ada ikan raksasa, mi” sambil nunjuk-nunjuk ketika ikan itu lewat di depannya.

Tapi ia langsung menjauh dan takut waktu masuk zona prasejarah. Ada dinosaurus yang bisa bergerak dan mengeluarkan suara, plus berukuran raksasa. Padahal adenya malah seneng nih sama dinosaurus ini, oke ga bisa lama-lama main sama dino, kakak udah kabur tuh…

banyak bayangan di cermin

Lanjut ke dalam ada terowongan ilusi, eksperimen magnet, harpa tanpa dawai, apa lagi ya… banyak deh ya, lanjut naik ke atas. Banyak sekali zona yang bisa dicoba oleh pengunjung. Ada eksperimen dengan kumparan untuk mengenal medan listrik, memutar pedal untuk menciptakan energi, bersepeda statis untuk menerbangkan bola, main gamelan, Lulu sama adenya suka banget ini, lumayan lama kita di sini. Adenya ga mau berhenti mukul-mukul gamelan. Sampe duet maut tuh mereka berdua hihi…

Kayanya belum semua zona dilihat dan anak-anak have fun banget di sini, tapi waktu dah makin sore dan kita masih ada satu destinasi lagi.

Pasar Malioboro

Abis seru-seruan di Taman Pintar, kami menuju lokasi selanjutnya yaitu Pasar Malioboro. Karena kecapean jalan kesana-kemari waktu di museum dan Taman Pintar, ini si kecil minta gendong dan tertidur saat menuju Malioboro, Lulu juga ngeluh cape dan ikut minta gendong. Sempet istirahat sebentar di pinggir jalan sih, tapi tetep aja si kakak masih ngeluh cape n minta cepetan ke bus. Ya udah deh, kita cuma sekedar lihat-lihat aja, lagian saya juga ga pengen belanja di sini, males nawar deh meski katanya bisa dapat barang murah dengan kualitas bagus. Buat saya belanja puas tetep di Tanah Abang hahaha…

20160514_150149

Walhasil, kita cuma beli oleh-oleh ala kadarnya. Sampe di bus ternyata masih sepi, Lulu kembali ngajak lihat-lihat keluar bus, duduk-duduk sambil nunggu rombongan berkumpul.

Perjalanan pulang sekitar pukul 17.20. dan kami sampe di rumah jam 23.00. Alhamdulillah, sampe rumah dengan selamat. Over all, emang seru tour kali ini. Buat saya yang jadi favorit ya Taman Pintar, banyak eksperimen yang bisa dicoba. Di museum juga oke lah tapi btw, ada yang rada “spooky” saat berada di museum. Saya menggunakan toilet museum tiga kali, pertama waktu saya ingin pipis, mengantar Lulu pipis, dan saat membersihkan si kecil yang pup. Waktu melewati lorong menuju toilet saya mencium bau yang harum sekali, yang pasti bukan bau minyak wangi saya. Emang ga bikin merinding sih tapi berasa gimana gitu. Tapi sudahlah abaikan saja..

Wah lumayan panjang ya tulisan ini, semoga ada manfaatnya buat yang baca 🙂

Penulis: Ismawati

Ibu dari dua anak, suka menulis dan belajar masak tapi takut sekali menjadi pikun. Buat saya menulis bukan cuma hobi tapi juga senjata melawan kepikunan :) Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya buat para tamu yang mampir ke sini.

4 thoughts on “Tour de Jogja: Jadi Turis Sehari Bersama Alfath

1. Sekolah tk anak saya br minggu bsk mau jalan2 ke jogja. Sayangnya tdk ke taman pintar….. padahal sih pengen banget ke taman pintar. Next time mungkin jalan2 sendiri aja sama keluarga….

Suka

2. Halo adik-adik, enaknya ya jalan2 ke jogja. Saya kalau kesana sempet2in mampir di taman pintar. Bawa anak selalu seru