blognyaismawati

tempat melepas jenuh dan menyalurkan hobi

Punya Celana Rombeng, Jangan Dibuang, Masih Bisa Dibuat Keset Atau Alas Panci

Tinggalkan komentar

Beberapa hari lalu saat bongkar-bongkar lemari, saya menemukan celana panjang yang dah lama sekali tidak dipakai. Kirain bentuknya masih bagus, eh ternyata bagian bawahnya dah bolong banyak, seperti digerogoti tikus… mmm emang di rumah lagi ada tikus kecil yang sering main, kayanya dia berhasil masuk ke tempat saya menyimpan baju.

 

Tadinya celana ini akan langsung saya buang aja, tapi kok sayang ya, pengen dibikin apa dulu gitu biar masi bisa terpakai. Ga rela kalo langsung masuk tempat sampah.. hihi… lalu saya kepikiran untuk bikin keset ato alas panci dari celana rombeng ini.

 

Emang bisa aja sih celana ini langsung diletakkan di lantai dan jadi lap buat kaki atau masuk ke dapur sebagai alas panci. Tapi tampilannya kurang menarik kan. Ahh.. ga indah pokoknya. Belum lagi anak-anak kalo lap kaki dengan model keset kaya gini, pasti tuh celana diuntel-untel hingga lipatannya berubah bentuk, dan akhirnya kesandung deh.. Kalo dibuat keset ato alas panci kan lebih enak dilihat. Ada nilai estetika sekaligus punya fungsi hehe…

 

Cara bikin keset dari celana bekas gampang banget kok, cuma perlu telaten aja dikit. Tangan sedikit terasa pegel waktu bikin kepangan yang lumayan banyak. Setelah jadi kepangan dan akan saya jahit, anak-anak heboh banget, akhirnya kegiatan ini saya lanjutkan keesokan harinya. Dan ketika menjahit manual perlu usaha juga karena kain sudah lebih tebal jadi menusuk dan menarik jarum agak macet.

 

Saya coba jelaskan tutorialnya ya, tapi maaf kalo kurang jelas dan gambarnya tidak detail. Biasalah… ga sempet foto-foto banyak karena anak-anak yang ingin “membantu” umminya.

 

20160226_110206

celana rombeng yang digunting dan dikepang

Bahan dan alat yang saya gunakan:
– Baju, kaos, atau celana yang dah tidak terpakai
– Gunting
– Jarum dan benang jahit.

 

Pertama gunting-gunting celana memanjang dengan lebar kira-kira 5 cm. Kemudian ambil tiga guntingan celana tadi dan buat kepangan.Lakukan hingga selesai.

 

Selanjutnya guntingan kain yang telah dikepang disusun melingkar seperti gambar di bawah ini.

 

 

Terakhir, jahit alas panci setengah jadi ini agar saling terikat dan kuat. Sekarang sudah terbentuk keset ato alas panci dari celana rombeng. Simpel dan mudah kan…?

 

20160228_105749

alas panci dari celana rombeng

Kalo ada mesin jahit, akan lebih rapi hasilnya. Berhubung tidak punya mesin jahit, ya saya pake cara manual aja deh. Mudah-mudahan dalam waktu dekat kebeli tuh mesin jahit, yang bekas juga gapapa… aamiin 

Iklan

Penulis: Ismawati

Ibu dari dua anak, suka menulis dan belajar masak tapi takut sekali menjadi pikun. Buat saya menulis bukan cuma hobi tapi juga senjata melawan kepikunan :) Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya buat para tamu yang mampir ke sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s