blognyaismawati

tempat melepas jenuh dan menyalurkan hobi

Buku, Meningkatkan Imajinasi Dan Kreatifitas Anak

4 Komentar

20160227_163619

Saya pribadi lumayan suka membaca. Buku koleksi saya tidak banyak, tapi ga bisa dibilang sedikit juga karena sampe sekarang saya masih belum punya tempat untuk menata buku-buku itu. Demi mengamankan buku koleksi saya dari tangan-tangan kecil anak-anak di rumah, saya menyimpannya di dalam container plastik ukuran besar.

 

Sebagai orangtua saya sudah mulai menanamkan kegemaran membaca pada anak-anak. Menjelang tidur, Lulu tak jarang membawa serta salah-satu buku dan meminta saya membacakan isinya. Kadang buku yang ia ambil bukan buku cerita anak, buku tentang merajut milik saya tetap ia anggap buku cerita. Tinggal umminya yang perlu kreatif mengarang cerita dari gambar di buku tutorial merajut 

 

Meski anak-anak belum bisa membaca, beberapa kali saya mengajak mereka ke toko buku. Yang pertama dilihat Lulu dari buku adalah gambar depannya. Karena belum bisa baca, gambar pada buku jadi panduan buat dia untuk mengetahui isi cerita di buku. Jadi sudah pasti buku yang ia pilih adalah buku yang banyak gambarnya.

 

Kadang kami bergantian bercerita dari gambar yang ada di buku. Misalnya ketika melihat gambar anak kecil yang matanya kemerahan. Lulu mulai bisa mendeskripsikan gambar yang ia lihat, misalnya dengan mengatakan, “Ini lagi sakit mata. Matanya gatal terus digaruk, jadi merah deh. Sekarang dia mau ke dokter mata dulu… bla bla bla.”

 

Dari antologi Jejak Kaki Misterius, ada 3 judul yang menarik perhatian saya:

  • Kebun Misterius. Karena suka warna hijau pepohonan, yang ada di bayangan saya dari judul ini adalah tentang keindahan kebun bunga yang beraneka warna. Mungkin jadi misterius karena si pemilik tidak membolehkan orang lain untuk melihat dan menikmatinya, hehe.. asal nebak aja.
  • Misteri Gigi Palsu. Judul ini mengingatkan saya pada gigi Lulu yang menghitam di bagian depan. Kalau dia tersenyum akan terlihat rusaknya si gigi lantaran sering makan permen dan coklat.
  • Pencuri Uang Palsu. Judul ini nyambung sama salah-satu aktifitas Lulu di rumah. Kadang Lulu menutup kepalanya dengan kain, hanya terlihat dua matanya. Lalu jalan menjinjit, ketika ditanya sedang apa? Dia akan menjawab, “Lulu lagi jadi pencuri.”

 

Dari segi penampilan fisik, buku untuk anak akan lebih baik bila menggunakan kertas yang tebal. Supaya tidak mudah sobek atau rusak. Beberapa buku Lulu ada yang sampai sobek-sobek halamannya, karena adik kecilnya juga ingin ikut membaca.. hihi..

 

Karena Lulu tertarik dengan gambar, jadi saya memprioritaskan buku dengan banyak gambar ketika memilih buku. Lulu lebih terpancing untuk berimajinasi ketika melihat gambar, jadi semakin detail gambar di buku, akan lebih baik. Warna yang menarik juga penting untuk buku anak. Kalau hanya ada warna hitam dan putih, rasanya seperti membaca buku fotokopian kan..

 

Yang tidak kalah penting isi buku harus sesuai dengan dunia anak. Misalnya saja buku tentang pergi ke sekolah, bermain di taman, atau tamasya ke kebun binantang. Intinya semua aktifitas yang memang dilakukan anak pada kehidupan nyata.

 

Semoga makin banyak buku anak yang berkualitas dengan harga terjangkau 

 

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Jejak Kaki Misterius

 

 

Judul : Jejak Kaki Misterius

Penulis : Riawani Elyta, Kayla Mubara, Pujia Achmad, Dian Onasis, Diannur Fajria, Afin Yulia, Anik Nuraeni, Yurie Zhafiera, Hairi Yanti, Erlita Pratiwi, Ilham Fauzi, Binta Al Mamba, Wawat Smart, Vanda Arie

Lini : Lintang (Penerbit Indiva)

ISBN : 978-602-1614-86-0

Harga : 30K

Iklan

Penulis: Ismawati

Ibu dari dua anak, suka menulis dan belajar masak tapi takut sekali menjadi pikun. Buat saya menulis bukan cuma hobi tapi juga senjata melawan kepikunan :) Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya buat para tamu yang mampir ke sini.

4 thoughts on “Buku, Meningkatkan Imajinasi Dan Kreatifitas Anak

  1. bukunya cakep drh kayaknya ya mbk, judulnya aja udh seru2 oye gt yak

    Suka

  2. semoga semakin banyak buku2 anak yg berkualitas ya…..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s