blognyaismawati

tempat melepas jenuh dan menyalurkan hobi

Bikin Cimol Dari Adonan Pempek

2 Komentar

Cimol alias aci di-gemol jadi salah-satu cemilan khas Sunda yang saya gemari. Dulu semasa kuliah saya sering makan jajanan ini sambil duduk di halte saat nunggu bus untuk pulang. Rasanya yang garing dan gurih apalagi ditambah dengan bumbu serbuk yang pedas, bikin ga mau berhenti makannya. Sedangkan pempek, makanan khas Palembang, baru beberapa kali saya cicipi yang asli buatan Palembang, selebihnya jajanan ini saya beli dari penjual yang kebetulan lewat di depan rumah.

Kalo diliat-liat, bahan untuk membuat pempek, cimol, atau cireng rada mirip-mirip ya. Ketiganya menggunakan campuran tepung terigu dan tepung sagu. Saya pernah membuat ketiga jajanan ini dengan takaran bahan yang berbeda-beda. Lalu saya berpikir untuk menyeragamkan komposisi bahan untuk ketiganya. Maksudnya supaya gampang diingat aja. Jadi kalo mau bikin pempek, cimol, atau cireng, takaran bahanya tetap sama.

Dan mulailah saya bereksperimen.

Sebelumnya saya pernah memposting tentang membuat pempek di sini. Dengan bahan yang sama, kali ini saya mencoba membuat cimol. Yang membedakan hanya pada penggunaan daun bawang. Saya gunakan irisan daun bawang yang lumayan banyak. Makin banyak, menurut saya makin enak karena makin berasa daun bawangnya. Saya ulangi lagi ya bahan untuk membuat pempek yang kali ini saya gunakan untuk membuat cimol dengan tambahan daun bawang.

 

20160214_052136 20160214_054859 20160214_072443

Bahan pembuatan cimol:

  • 125 ml air
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 6,5 sendok makan tepung terigu
  • 10 sendok makan tepung sagu
  • butir telur
  • Irisan daun bawang
  • Minyak untuk menggoreng

Cara pembuatan cimol:

  • Panaskan air dalam panci
  • Masukkan garam, kaldu bubuk, dan daun bawang ke air, aduk rata
  • Setelah mendidih, tuangkan tepung terigu, aduk cepat hingga rata, angkat panci dari kompor
  • Tuang adonan ke wadah, tunggu hingga berkurang panasnya
  • Campurkan telur, aduk rata
  • Tuangkan tepung sagu, uleni hingga kalis
  • Ambil adonan dan bentuk jadi bulatan-bulatan kecil. Supaya tidak saling menempel, taburi dengan tepung sagu
  • Panaskan minyak, goreng adonan yang sudah dibulatkan hingga kecoklatan
  • Siap disajikan
20160214_074926

cimol dan bumbu kacang siap disajikan

Kali ini saya menyajikan cimol bersama bumbu kacang. Tapi saya tidak membuatnya sendiri, kebetulan saya membeli yang siap pakai. Bisa juga cimol yang sudah digoreng ditaburi kaldu bubuk atau bumbu barbeque atau semacamnya yang bisa dibeli kemasan di pasar.

 
Cimol yang saya buat dari bahan pempek ini tidak alot ketika dimakan, meski sudah berjam-jam setelah digoreng. Tapi kalo dari pagi gorengnya, di sore hari cimol jadi keras, apalagi kalo disimpan di wadah terbuka. Bisa deh nih satu adonan untuk tiga macam cemilan 

 

Iklan

Penulis: Ismawati

Ibu dari dua anak, suka menulis dan belajar masak tapi takut sekali menjadi pikun. Buat saya menulis bukan cuma hobi tapi juga senjata melawan kepikunan :) Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya buat para tamu yang mampir ke sini.

2 thoughts on “Bikin Cimol Dari Adonan Pempek

  1. Saya nih lemah ama cemilan yang terbuat dari aci mau cimol, cilok, pempek, siomay (pake campuran aci juga kan he he), apalagi ya, tekwan, cireng he he he.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s