blognyaismawati

tempat melepas jenuh dan menyalurkan hobi

WHAT’S IN YOUR BAG?

6 Komentar

 

Isi Tas Saat Masih Single VS Setelah Punya Anak

20160216_072700

 

Kalau ditanya tentang isi tas, saya lebih suka menceritakan isi tas saya ketika masih single dan bekerja vs ketika sudah punya anak.

 

Saya bukan tipe orang yang suka ribet, jadi begitu juga benda-benda yang ada di dalam tas saya. Saat masih single dan bekerja, isi tas saya tidak jauh-jauh dari dompet untuk menyimpan uang dan beberapa kartu penting. Handphone dan charger, kadang saya lupa mengisi baterai handphone ketika di rumah, jadi saya melakukannya setiba di kantor. Payung, saya selalu bawa benda ini baik di musim panas atau di musim hujan. Ketika menunggu bus atau turun dari angkot dan matahari lagi terik-teriknya, saya perlu payung untuk berteduh supaya kulit saya tidak bertambah gelap .

 

Benda berikutnya adalah mukena, dulu saya sangat mobile, dalam satu hari saya bisa berpindah ke beberapa tempat. Kadang di perjalanan sudah masuk waktu sholat, jadi saya biasa mampir ke masjid atau mushola terdekat. Dengan membawa mukena sendiri saya tidak perlu mengantri, tak perlu buru-buru sholatnya karena sudah ditunggui orang yang juga akan menggunakan mukena milik masjid atau mushola, dan saya bisa pastikan kebersihan alat sholat saya.

 

Untuk alat make-up, saya bukan orang yang suka dandan. Tapi untuk memastikan penampilan saya tidak kucel, saya cukup membawa bedak dan lip balm. Tissu, kalau sudah berdesakan di dalam bus, pasti hawanya panas dan ini membuat saya berkeringat. Perlu bantuan tissu untuk menyeka keringat saya yang berlebih. Botol berisi air minum, ya namanya seharian di jalan, pasti kehausan. Jadi supaya terhindar dari dehidrasi, saya selalu membawa minum sendiri, bahkan kadang saya membawa kotak makan siang jika sempat menyiapkannya sebelum berangkat kerja.

 

Sekarang saya sudah menikah dan punya dua anak, yang besar usianya 4, 5 tahun dan si kecil berumur 1,5 tahun. Kemanapun saya pergi, dua makhluk kecil ini selalu ikut. Dan kini tas bayi jadi sahabat setia saya. Isinya pasti bukan lagi barang-barang saya, tapi keperluan anak-anak selama bepergian baik saat sekedar jalan-jalan, silaturahim ke rumah kerabat, atau belanja keperluan bulanan di supermarket.

 

Popok dan ASI perah jadi item yang wajib ada di dalam tas. Ketika bersiap-siap untuk bepergian, yang terpikir hanya benda keperluan anak-anak, barang milik saya yang saya bawa paling hanya dompet dan handphone, itu juga kalau tidak lupa. Saya selalu siapkan baju ganti dua set untuk si kakak dan si kecil, sekedar jaga-jaga kalau terjadi insiden tumpahan makanan atau semacamnya yang membuat baju mereka basah atau kotor sehingga harus diganti.

 

Celemek menyusui, digunakan kalau ASIP habis dan si kecil minta nen saat kami lagi di tempat umum. Sebenarnya kalau lupa membawa celemek menyusui saya masih bisa mengakalinya dengan jilbab yang saya pakai. Minuman dan cemilan untuk si kakak, anak saya yang besar memang suka ngemil, diajak bepergian kadang tiba-tiba ia mengelus-elus perut sambil bilang, “Lulu laper, mi.” Jadi setidaknya perlu deh bawa biskuit untuk mengatasi perut kakak yang cerewet.

 

Tissu basah, namanya anak-anak tangannya pasti suka pegang segala macam, termasuk yang kotor-kotor. Selagi di jalan yang paling mudah menggunakan tissu basah. Benda terakhir yang tidak boleh lupa adalah kantong kresek. Bungkus cemilan jadi sampah, popok bekas pakai juga jadi sampah, untuk sementara sampah-sampah ini saya masukkan ke kantong kresek, setelah ada tempat sampah baru dibuang. Jangan sampai tempat yang kami datangi jadi tambah kotor karena sampah yang kami buang sembarangan. Ini juga jadi cara saya mengajarkan anak-anak menjaga kebersihan dan peduli lingkungan 

 

Tulisan ini diikutsertakan dalam giveaway What’s In Your Bag – Waya Komala

Penulis: Ismawati

Ibu dari dua anak, suka menulis dan belajar masak tapi takut sekali menjadi pikun. Buat saya menulis bukan cuma hobi tapi juga senjata melawan kepikunan :) Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya buat para tamu yang mampir ke sini.

6 thoughts on “WHAT’S IN YOUR BAG?

  1. Nice banget Mbak. Memang lebih baik simpan sementara sampah2 kita dikresek sampai nemu tempat sampah daripada main buang sembarangan di jalan.

    Suka

  2. Hebat banget bawa kresek kemana-mana demi buang sampah gak sembarangan hehehe salut deh 😀

    Suka

  3. Makasih udah ikutan ya mbak.. 🙂
    Kresek atau kantong untuk tempat sampah emang penting banget dibawa. Soalnya kadang suka gak nemu tempat sampah di jalan. Diamankan dulu buat sementara 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

