blognyaismawati

tempat melepas jenuh dan menyalurkan hobi

Berbagi Ilmu, Menjadi Manusia Bermanfaat

2 Komentar

Seandainya saya bisa berbuat sesuatu untuk mereka yang kekurangan, saya lebih memilih untuk mengajar. Saya ingin mengajar anak-anak yang orangtuanya belum bisa memenuhi kebutuhan pendidikan karena faktor ekonomi. Bukan tanpa alasan saya memilih cara ini. Dulu saya kuliah mengambil jurusan kependidikan dan saya memang suka mengajar.

 

Bila kesempatan itu datang, saya ingin sekali menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, bukan hanya untuk para siswa tapi juga untuk saya sendiri sebagai pengajarnya. Akan ada banyak kegiatan interaktif di kelas. Saya akan buat anak bereksperimen dan bereksplorasi tentang banyak hal. Tak perlu menggunakan alat bantu yang mahal. Saya bisa membuat aneka media belajar dari barang-barang yang tidak lagi terpakai. Anak-anak saya rasa lebih tertarik ketika mereka ikut serta dalam pembuatannya. Selain lebih hemat biaya, ini juga mengasah kreatifitas saya sebagai guru.

 

Untuk anak-anak usia prasekolah, saya akan memperkenalkan membaca, menulis, dan berhitung melalui permainan. Tak usah berlama-lama mengerjakan lembar kerja, kita bermain saja supaya lebih asyik, lebih seru. Duduk-duduk di dalam kelas juga sebentar saja, selebihnya kita berjalan-jalan, di lingkungan sekitar saja. Saya akan ajak mereka mengenal lingkungan dan belajar menjaganya.

 

Ah senangnya bila bisa melakukan semua itu. Bahagianya saya jika bisa membagi ilmu yang saya miliki meski masih sedikit sekali. Duh kemana saja saya selama ini ya? Dulu sempat saya ingin meluangkan waktu khusus untuk ikut dalam kegiatan mengajar anak-anak yang kurang mampu, tapi ternyata kesibukan saya sendiri yang membuat saya tak bisa memenuhi keinginan itu. Apa mau dikata, dalam seminggu saya mengajar setiap hari, termasuk di hari libur untuk mengajar murid-murid privat saya. Sedangkan di sisi lain, ada kebutuhan ekonomi yang juga perlu saya penuhi, terutama untuk biaya kuliah saya sendiri.

 

Sekarang kesibukan saya juga belum berkurang. Ada anak-anak yang masih kecil-kecil yang menyita waktu saya. Baiklah, mungkin keinginan untuk menjadi lebih bermanfaat bagi orang lain belum bisa tercapai untuk saat ini, tapi semoga bisa terwujud suatu hari nanti.

 

 

“Artikel ini diikutsertakan dalam #GiveAwayPeduliKasih”

Iklan

Penulis: Ismawati

Ibu dari dua anak, suka menulis dan belajar masak tapi takut sekali menjadi pikun. Buat saya menulis bukan cuma hobi tapi juga senjata melawan kepikunan :) Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya buat para tamu yang mampir ke sini.

2 thoughts on “Berbagi Ilmu, Menjadi Manusia Bermanfaat

  1. Semoga tercapai harapannya… Amin.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s