blognyaismawati

tempat melepas jenuh dan menyalurkan hobi

Bikin Slime Dari Tepung…

5 Komentar

20160213_184304.jpg

Lulu, asyik main slime 🙂

Pernah denger slime? Saya baru-baru ini aja tau tentang slime. Slime seperti gumpalan mirip plastisin, tapi slime teksturnya lebih kenyal n mirip lendir yang pekat. Anak-anak suka banget main ini. Untuk bikin slime bahannya bisa macam-macam, mulai dari yang pake borax, lem dan deterjen, ada juga yang pake tepung. Untuk menghasilkan warna yang berbeda tinggal ditambahkan pewarna saja, kalau warna aslinya biasanya putih.

 

Bikin penasaran sama mainan ini. Boleh juga dipraktekkan sama Lulu nih. Akhirnya Sabtu kemaren saya ajak Lulu bikin slime. Awalnya dia ga tau kalo yang akan dibikin adalah slime. Yang dia tau ini adalah play dough, soalnya kita seringnya bikin ini.

 

Untuk bahan-bahannya, emang ga susah dapetnya. Saya ga mau pake borax, karena emang ga ada di rumah hihihi… lagian denger kata borax tuh yang kebayang malah bakso atau makanan lain yang ditambah borax supaya awet. Jadi saya putuskan untuk menggunakan tepung saja. Katanya untuk bikin slime bisa pake tepung sagu atau tepung terigu. Kalo pake tepung sagu, dibuat seperti lem dulu dengan air panas, baru setelah itu dicampur sabun. Berhubung stok sagu di rumah akan saya pake buat masak esok harinya, jadi kita gunakan tepung terigu.

20160213_182644.jpg

Bahan untuk membuat slime

 
Alat dan bahan-bahan untuk membuat slime:
– Cairan pencuci piring
– Tepung terigu
– Pewarna makanan
– Wadah plastik
– Sendok untuk mengaduk

 

Saya gunakan cairan pencuci piring sebanyak 3 sendok makan, dituang ke wadah plastik. Kemudian saya tuangkan beberapa tetes pewarna makanan dan diratakan. Lalu campurkan tepung terigu sedikit-sedikit sambil diaduk. Terus aduk sampai adonan ini ga lengket lagi di tangan. Lumayan lama emang ngaduknya karena nuang tepungnya juga sedikit-sedikit. Lulu tadinya yang nuangin tepung, saya yang ngaduk, tapi lama-lama dia ga sabaran n lari nyalain tv untuk nonton kartun…

Akhirnya adonan ga lengket dan jadi deh slimenya. Sekilas yang saya dan Lulu bikin ini emang mirip plastisin ya. Bedanya slime ini lebih melar, klo ditarik bisa jadi panjaaaang. Mungkin kalau bikinnya pake lem dan deterjen hasilnya bisa beda kali ya. Nanti deh kalo sempet dan inget, saya coba bikin slime lagi dengan versi bahan yang berbeda.

20160213_184239

Slime setelah jadi

 

 

 

 

So far Lulu mainin slime ini sama aja kaya dia lagi mainin plastisin (play dough). Ditarik-tarik, dipotong-potong, atau dicetak jadi bentuk bunga, bintang, pohon, dll. Oya, si slime yang saya bikin ini karena pake pewarna jadi meninggalkan bekas pas dimainin di lantai, ga licin kok lantainya cuma jadi ada kaya noda merah-merah gitu. Tapi tinggal dilap basah dah hilang tuh noda. Gapapa lah… yang penting anak bisa have fun kali ini 

Penulis: Ismawati

Ibu dari dua anak, suka menulis dan belajar masak tapi takut sekali menjadi pikun. Buat saya menulis bukan cuma hobi tapi juga senjata melawan kepikunan :) Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya buat para tamu yang mampir ke sini.

5 thoughts on “Bikin Slime Dari Tepung…

  1. sudah sering lihat ini di google. pengen bikin tapi belum jadi2 hehehe…..

    Suka

  2. dah banyak kali saya buat , tapi masih tak jadi kenapa ?

    Suka

  3. kal;aw buat slime nya selalu tak menjadi buk

    Suka

Tinggalkan Balasan

