blognyaismawati

tempat melepas jenuh dan menyalurkan hobi

Risoles Gampang Dengan Kulit Anti Pecah

Tinggalkan komentar

20160206_170357.jpg

Risoles gampang, kulit anti pecah

 

Lagi-lagi tanpa persiapan. Bikin risoles karena pengen ngemil di sore hari yang turun hujan rintik-rintik. Emang sih sebelumnya suami ngasih ide untuk bikin risoles karena dah lama banget sejak pertama kali buat makanan ini tapi saya ga langsung mengiyakan…yang dulu gagal soale.

 

Seingat saya dulu kulit risoles yang saya bikin sobek-sobek, sampe-sampe waktu risolesnya digoreng isinya keluar dan berantakan banget. Tapi ini soal perut sih, apalagi di cuaca dingin, ini sekeluarga ngumpul dan ga mungkin klo ga ada yang dikunyah-kunyah hehehe… tengok kulkas kayanya bisa deh nih bikin risoles dengan bahan-bahan yang udah ada aja.

 

20160206_160025

Isian risoles, kentang dan daun bawang

Ga usah yang ribet ah, bikinnya pake cara cepet aja. Prinsip saya, kalo ada cara gampang, ngapain pilih yang ribet  Untuk bahan isiannya saya pake kentang dan daun bawang, ga pake bihun karena emang ga ada di dapur. Kentang saya potong kecil-kecil dan daung bawang saya iris. Ini cuma pake tumisan bawang putih yang dicincang, tambah garam, merica, kaldu bubuk n sedikit penyedap. Jadi ga perlu ngulek-ngulek bumbu… emang saya juga males klo pake cobek segala.

Nah yang sulit di bagian bikin kulitnya. Rada kawatir kalo kulit risoles akan sobek-sobek lagi. Saya gunakan tepung terigu kira-kira ¼ kg. Tambah sedikit garam, diaduk dengan air dan satu butir telur sampe kekentalannya sesuai. Yang dulu pernah saya bikin ga pake telur, apa mungkin ini yang bikin kulit risolesnya jadi sobek ya? Saya mikirnya dengan ditambah telur, si kulit jadi lebih elastis dan ga mudah sobek.

 

Oke, sekarang waktunya membuat kulit risoles. Saya panaskan wajan teflon, tuangin adonan seukuran sendok sayur, dan diputar-putar supaya menyebar di wajan. Awalnya wajan ga saya oles minyak, tapi jadi rada susah pas ngangkatnya. Klo diolesin minyak dikit, kulit risoles bisa meluncur lancar dari wajan ketika sudah matang.

20160206_163741

Kulit risoles baru diangkat dari wajan

 

Kulit yang sudah jadi saya isikan satu sendok makan isian kentang dan daun bawang. Lalu dibungkus membentuk persegi panjang. Alhamdulillah kulit risolesnya ga sobek  Langkah berikutnya seharusnya kalo mengikuti resep-resep yang ada, risoles setengah jadi ini dicelupkan ke kocokan telur sebelum masuk ke tepung roti. Well, saya ga pake telur, tapi saya ganti dengan adonan terigu campur air yang encer. Risoles digulingkan di adonan terigu+air, baru masuk ke tepung roti.

 

 

 

Kalo sudah terbungkus tepung roti gini, tinggal digoreng atau disimpan di kulkas untuk digoreng nanti. Karena terbungkus tepung roti, ukuran risoles jadi lebih besar dari sebelumnya, jadi waktu bikin kulitnya ga usah lebar-lebar biar ga terlalu besar risolesnya.

 

Yuuuk…frying time… panasin minyak di wajan, cemplungin beberapa risoles. Nah menurut saya kalo risolesnya ga dicelupin di telur sebelum tepung roti, buih waktu menggoreng ga terlalu banyak. Saya lebih suka yang ga banyak buihnya… selain juga supaya hemat telur…hihihi…

20160206_165428

risoles, digoreng

Setelah matang tiriskan sebentar, tunggu sampe ga terlalu panas dan risoles siap disajikan dengan dicocol saos, sebenernya pake cabe rawit lebih mantep tapi saya jarang banget beli cabe karena hampir ga pernah bikin masakan pedes sejak ada anak-anak. Komentar suami dan anak-anak? Ahhh saya ga perlu risau untuk yang satu ini, buat mereka komentar tentang masakan saya cuma dua; “enak” dan “enak banget.” Ini yang bikin saya pede masak di dapur meski kemampuan saya masih beginner 
 

 

Penulis: Ismawati

Ibu dari dua anak, suka menulis dan belajar masak tapi takut sekali menjadi pikun. Buat saya menulis bukan cuma hobi tapi juga senjata melawan kepikunan :) Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya buat para tamu yang mampir ke sini.

Tinggalkan Balasan

