blognyaismawati

tempat melepas jenuh dan menyalurkan hobi

Kentang Goreng Renyah… Cemilan di Musim Hujan

Tinggalkan komentar

20160129_123207_1.jpg

 

Hampir tiap hari turun hujan, maklum… kan memang lagi musim hujan. Cuaca seperti ini membuat saya malas beraktifitas. Tapiiii… kan ga mungkin gitu ambil cuti dari tugas sebagai emak-emak lalu selonjoran kaki sambil nonton tv. Mau-ga mau tugas negara tetap dilaksanakan. Selain merasa malas, di cuaca dingin saya jadi sering merasa lapar, rasanya mulut ga bisa berhenti ngunyah… Kalo sudah begini berarti saya perlu moodbooster supaya mood saya bisa ok untuk beraktifitas sekaligus memenuhi keinginan untuk ngemil. Bosan ah kalo bikin cemilan yang rasanya manis, pengennya yang guring dan garing. Akhirnya saya membuat kentang goreng.

 

Dulu waktu masih awam sekali dalam memasak, saya pernah juga membuat kentang goreng. Saya pikir caranya cukup dengan mengupas kentang, diiris-iris, taburi bumbu lalu digoreng dan selesai. Tapi cara ini tidak membuat kentang goreng buatan saya jadi kriuk. Yang terjadi malah kentang goreng jadi lepek meski sudah digoreng lama.

 

Sampai akhirnya saat blogwalking saya nemu resep membuat kentang goreng yang renyah. Dari sini saya tahu kalo cara memasak kentang goreng yang pernah saya lakukan ternyata salah… Tapi gapapa, setidaknya saya bisa belajar dari kesalahan saya… aih.. tiba-tiba jadi sok bijak 

 

Nah di blog yang saya kunjungi itu, si penulis menjelaskan bagaimana cara mendapat kentang goreng yang renyah.

  • Kentang dikupas dan diiris-iris, lalu rebus hingga matang
  • Angkat dan tiriskan
  • Di wadah, campurkan tepung terigu, tepung maizena, garam, merica dan sedikit penyedap
  • Tuang kentang yang sudah ditiriskan ke wadah tepung lalu ratakan
  • Goreng kentang hingga matang

 

Pertama kali coba, saya ikuti langkah yang disebutkan di atas, tapi saya tidak langsung menggorengnya, saya menyimpan kentang siap goreng itu di dalam freezer. Daaannnn ini kesalahan saya selanjutnya, keesokan harinya ketika akan digoreng, si kentang malah beku dan saling menempel, sampe susah sekali dipisahkan. Ini karena saya tidak menutup wadahnya hingga rapat. Akhirnya kentang tetap saya goreng tapi agak hancur karena dipaksa supaya saling terpisah.

 

Kesempatan selanjutnya saya coba lagi membuat kentang goreng renyah ini. Kali ini hasilnya bagus. Si kentang terasa guring dan renyah. Apalagi kalo makannya dicocol saos, yummy.. ga bisa berhenti sebelum piring kosong… hehehe. Sekarang kentang goreng renyah ini jadi salah-satu cemilan favorit di rumah 

Penulis: Ismawati

Ibu dari dua anak, suka menulis dan belajar masak tapi takut sekali menjadi pikun. Buat saya menulis bukan cuma hobi tapi juga senjata melawan kepikunan :) Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya buat para tamu yang mampir ke sini.

Tinggalkan Balasan

