blognyaismawati

tempat melepas jenuh dan menyalurkan hobi

Nyam… Nyam… Pempek Tanpa Ikan, Tetap Gurih

1 Komentar

20160126_055604.jpg

Setelah tanggal 24 setiap bulannya ibarat liburan buat saya. Ga persis liburan yang sebenarnya siy, maklumlah saya masih tetap berkutat dengan rutinitas keseharian di rumah bersama anak-anak . Tanggal 24 berarti deadline penyerahan tulisan saya ke user, artinya setelah tanggal itu saya bisa sedikit santai setelah ngos-ngosan kejar tayang….eitsss… tapi ini juga dengan catatan ga ada artikel yang perlu diedit.

 

Skip…skip.. bukan itu inti postingan ini. Jadi begini, beberapa hari lalu saya sempat lihat postingan video membuat pempek dari salah-satu teman di fb. Emang klo postingan tentang makanan bikin mupeng deh. Harus sabar nunggu waktu yang tepat untuk eksekusi nih.

 

Tadinya saya pikir bikin pempek itu ribet dan makan waktu. Karena lagi senggang, saya sempetin nonton video itu, kelihatannya sih gampang lihat cara masaknya. Trus saya lanjut cari-cari resep pempek yang gampang dan anti gagal. Sampai saya menemukan resep pempek yang simpel. Dibilang simpel karena bahannya tidak menggunakan ikan. Kalo pake ikan yang ada dibayangan saya, saya harus beramis-amis bersihin ikan dari tulang-tulangnya dan menghaluskannya sampe lembut… yah kerja keras banget ini mah…

 

Satu hal lagi, saya juga harus pastikan resep yang saya praktekkan tergolong irit. Kalo penggunaan bahan-bahannya banyak, otomatis saya ga pake, ato saya modifikasi takarannya jadi setengah atau seperempatnya… hihihi… biar hemat dan ga terlalu nyesek kalo nantinya gagal.

 

Nah ini resep yang saya gunakan, udah dimodifikasi sesuai kebutuhan dan beberapa bahannya pake takaran sendok makan:

 

Bahan untuk pempek:

  • 125 ml air
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 6,5 sendok makan terigu
  • 10 sendok makan sagu
  • 1 butir telur

 

Isian:

  • 2 butir telur dikocok lepas

 

Bahan kuah pempek:

  • gula merah
  • garam
  • bawang putih
  • cabe rawit
  • asam jawa
  • air

 

Cara membuat:

  • Panaskan air, larutkan garam dan kaldu bubuk, lalu tuangkan tepung terigu, aduk cepat hingga rata. Angkat dan tunggu sampai tidak terlalu panas.
  • Campurkan adonan terigu dengan telur dan sagu, uleni hingga kalis.
  • Bagi adonan jadi beberapa bagian.
  • Ambil adonan lalu buat seperti kantong, tuangkan isian telur yang dikocok lepas, lalu rapatkan. Ini ngerjainnya harus hati-hati emang.. klo isian telur kebanyakan bisa luber n adonan jadi susah ditutup.
  • Rebus di air mendidih hingga matang.

 

Membuat kuah pempek:

Untuk membuat kuah pempek saya ga pake takaran yang pasti. Air dipanaskan lalu tuangkan bawang putih dan cabe rawit yang sudah dihaluskan. Lanjutkan masukkan gula merah, tambah garam, aduk hingga rata. Cicipi, kalo sudah pas rasanya, tinggal angkat dan saring.

Untuk penyajian, pempek yang sudah direbus digoreng hingga kecoklatan. Potong-potong, tata di wadah dan siram dengan kuahnya.

 

20160125_225132.jpg

Pempek ini saya buat tengah malam loh… hihihi… kebetulan anak-anak dah pada tidur dan saya belum ngantuk, akhirnya ngoprek di dapur. Untungnya semua bahan dah ada, tinggal campur-campur aja. Tapi setelah rebusan pempek matang, si kecil kebangun jadi bubar deh masaknya, pempek ini saya masukin ke kulkas dan baru digoreng keesokan harinya.

 

 

20160126_050548.jpg

Pagi harinya baru saya lanjut menggoreng pempek sekaligus bikin kuahnya. Kayanya kuah yang saya buat kebanyakan deh tapi gapapa, gorengan pake kuah ini enak juga kayanya.

 

Dari penilaian sendiri, menurut saya pempek buatan saya cukup berhasil, teksturnya seperti yang saya mau, tidak alot, masih bisa dipotong dengan sendok waktu disantap. Beberapa kali beli pempek yang susah dikunyah karena saking alotnya. Dari segi rasa, gurih meski ga pake ikan sebagai bahannya. Suami saya juga sependapat tentang masakan saya kali ini. Yippee! lebih pede deh lain kali kalo bikin pempek lagi 🙂

Iklan

Penulis: Ismawati

Ibu dari dua anak, suka menulis dan belajar masak tapi takut sekali menjadi pikun. Buat saya menulis bukan cuma hobi tapi juga senjata melawan kepikunan :) Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya buat para tamu yang mampir ke sini.

One thought on “Nyam… Nyam… Pempek Tanpa Ikan, Tetap Gurih

  1. Ping-balik: Bikin Cimol Dari Adonan Pempek | blognyaismawati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s