blognyaismawati

tempat melepas jenuh dan menyalurkan hobi

Brownis…Perdana di Dapur Sayaaaaahh!

Tinggalkan komentar

12400521_10153870751049776_6360259455031647106_n

 

Dah beberapa kali nemu resep kue brownis tapi telur yang digunakan lumayan banyak, ada yang 6 bahkan sampe 8.. Duh saya nyari yang hemat aja ah hihihi. Sampe akhirnya dapat resep brownis dengan 3 telur. Selain itu, resep ini ga repot buatnya cos ga perlu mixer, cukup dikocok manual.

 

Awalnya saya akan membuat brownis akhir pekan ini. Tapi Kamis kemarin Lulu dah liat ada mentega dan coklat tergeletak di dapur n dia maksa untuk bikin kue… karena bikinnya ga ribet ya udah saya iyain aja deh 🙂

 

Ini bahan-bahan yang saya gunakan, ada beberapa bahan yang saya takar pake sendok makan ya:

  • coklat masak 200 gram
  • mentega 1 sachet ukuran 200 gram
  • terigu 28 sendok makan
  • gula pasir 26 sendok makan
  • 3 butir telur
  • garam 1/2 sendok teh
  • vanili bubuk 1/2 sendok teh

 

Sesuai petunjuk resep (duh saya lupa nemu resep ini dimana, tapi saya modifikasi dikit-dikit), pertama coklat dan mentega dilelehkan, terus saya tuang gula pasir dan aduk sampe gula menyatu. Harusnya pake gula halus supaya cepat larut, saya pake gula pasir jadi masih ada kristal-kristalnya, mungkin karena kurang lama ngaduknya. Tapi gapapalah ya… terus telur saya kocok lepas sebentar, lalu campur dengan lelehan mentega, kocok lagi. Baru deh tuangin terigu yang udah dipakein garam n vanili. Setelah rata adonan dituang ke cetakan yang udah dilapisin aluminium foil. Saya ga punya cetakan brownis jadi pake loyang yang ada aja.

 

Panggang di oven, di resep katanya 35 menit di suhu 180 derajat C. Nah setelah 35 menit saya cek dengan menusuk kue pake pisau ternyata bagian dalamnya masih belum matang, jadi saya tambahin waktunya 20 menit lagi.

 

Setelah dikeluarkan dari oven, Lulu dah ga sabar minta dipotong kuenya padahal kalo ga salah seharusnya dibiarkan dingin dulu ya. Seneng banget Lulu pas nyobain kue ini, dan Umminya lebih seneng lagi karena brownisnya berhasil ga pake ribet 🙂

 

 

 

 

 

 

 

Iklan

Penulis: Ismawati

Ibu dari dua anak, suka menulis dan belajar masak tapi takut sekali menjadi pikun. Buat saya menulis bukan cuma hobi tapi juga senjata melawan kepikunan :) Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya buat para tamu yang mampir ke sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s