blognyaismawati

tempat melepas jenuh dan menyalurkan hobi

Ilmu Dari Mbak Sales Panci

2 Komentar

Beberapa waktu lalu ada demo masak di kompleks perumahan kami oleh salah-satu produsen panci (gak perlu saya sebut ya merek pancinya). Sebenarnya saya tidak terlalu tertarik karena saya merasa tidak membutuhkan panci baru dan khawatir saya tergoda untuk membeli padahal saya tidak membutuhkannya. Tapi akhirnya saya datang juga ke acara demo itu, kali aja ada resep masakan yang bisa saya contek… hihihi,,, lumayan kan untuk nambah variasi masakan buat anak-anak di rumah.

 

Dan benar saja dugaan saya. Si mbak sales mempraktekkan cara membuat kue bolu kukus. Yup, sudah pernah saya coba bikin kue ini tapi gagal. Kue saya tidak mengembang dan terasa padat sekali. Rupanya si mbak sales punya resep kue bolu kukus anti gagal. Waktu saya tanya apa saja bahan-bahannya, jawabannya sama seperti bahan yang saya gunakan, mungkin yang beda takarannya. Mbak sales menggunakan takaran sendok makan untuk mengukur bahan-bahan kue yang digunakan.

 

Langsung saja nih bahan-bahan untuk kue bolu kukus:

  • tepung terigu
  • gula
  • air
  • pewarna

 

Tiga bahan utama yakni terigu, gula dan air masing-masing 16 sendok makan. Semua bahan ini dituang ke satu wadah dan langsung dikocok dengan mixer selama kurang-lebih 10 menit. Ini juga yang bikin resep ini lebih praktis, semua bahan langsung campur jadi ga banyak pake wadah… hihi jadi kan nanti setelah selesai cuci piringnya ga banyak… #dasar emak males.

 

Tanpa menunggu lama karena saya nggak mau ilmu bikin kue ini menguap dari ingatan jadi harus langsung saya praktekkan. Tidak lupa mengajak Lulu yang emang hobi ngacak-ngacak kalo Umminya lagi di dapur.

 

20151219_064737.jpg

cetakan diberi lapisan kertas kue dulu

Karena projek bikin kue ini di pagi hari pas si kecil lom bangun jadi lancar jaya nih pengerjaannya. Tsalis baru bangun waktu kue dikukus.

20151219_071613.jpg

Tuang adonan ke cetakan, tapi banyakan yang masuk ke mulut kayanya ๐Ÿ™‚ lalu kukus dan tadaaaaaa… jadi deh, karena ukurannya mini, adonan bisa jadi sekitar 24 kue. Harus berterimakasih nih sama mbak sales panci, maaf ya mbak saya nggak beli pancinya tapi saya contek ilmunya…

20151219_075315.jpg

 

 

Penulis: Ismawati

Ibu dari dua anak, suka menulis dan belajar masak tapi takut sekali menjadi pikun. Buat saya menulis bukan cuma hobi tapi juga senjata melawan kepikunan :) Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya buat para tamu yang mampir ke sini.

2 thoughts on “Ilmu Dari Mbak Sales Panci

  1. wah gampang yaaa ๐Ÿ˜€ kayaknya perlu dipraktekkan nih buat camilan anak2 ๐Ÿ˜€ mbak, itu ujung meja dapurnya dibungkus pake buble wrap yah…?

    Suka

Tinggalkan Balasan

