blognyaismawati

tempat melepas jenuh dan menyalurkan hobi

Eksperimen Dengan Si Panci Pintar

Tinggalkan komentar

 

20160104_094636

Alhamdulillah tercapai juga keinginan untuk punya panci pintar ini. Sebenernya dah lama banget pengen punya panci presto tapi karena satu dan lain hal baru bisa kebeli akhir tahun kemarin  Sebenernya ada beberapa pertimbangan kenapa saya pengen punya panci presto:

 

  • Hemat waktu, untuk membuat masakan yang butuh waktu lama seperti lontong ato ketupat dengan panci biasa butuh waktu lama banget. Klo pake panci presto bisa dipangkas jadi kira-kira 1 jam. Udah niat banget nih mo bikin ketupat lebaran tahun ini…
  • Duri lunak. Ini nih yang sering jadi kendala kalo menyajikan masakan ikan ke anak-anak. Kalo durinya lunak, Kakak Lulu bisa makan sendiri tanpa diawasi. Ummi juga ga repot buangin duri ikan yang akan dimakan Kakak Lulu. Ade Tsalis juga sekarang dah sama menu makannya, so dia juga bisa menikmati ikan duri lunak tanpa khawatir tersedak sama durinya.

 

Selebihnya sih lebih ke keinginan saya untuk bereksperimen di dapur, pengen meningkatkan skill memasak dari level beginner ke setidaknya tingkat intermediate lah 

Singkat cerita, sebelumnya panci presto ini dah saya gunakan untuk mencoba membuat ayam tulang lunak. Waktu itu saya masak ceker n daging ayam selama 45 menit di panci presto ini. Tapi sayangnya, saya gagal. Si daging ayam jadi ancur n cekernya lom empuk sampe ke tulang. Tapi masih tetep kemakan sih cuma target saya adalah melunakkan si tulang.
Panci presto ini juga sudah saya pakai beberapa kali untuk masak nasi dan berhasil. Cepet banget emang, dalam waktu kurang lebih 10 menit nasi dah matang. Sangat membantu terutama saat saya bangun kesiangan n keluarga harus sarapan.
Kali ini saya coba eksperimen lagi, targetnya untuk melunakkan si duri ikan… teteeeuup ga kapok coba-coba lagi. Pagi ini di tukang sayur ada ikan kembung. Sampe rumah ikan dicuci bersih dan dilumuri bumbu terus saya diamkan 30 menit.

20160104_090534

 

Belajar dari pengalaman sebelumnya, supaya daging ikan tidak hancur, saya membungkus ikan menggunakan daun pisang. Trik ini saya dapat saat mencari-cari tips memasak dengan panci presto.

20160104_094115

Setelah dibungkus, ikan dimasukan ke panci lalu isi panci dengan air hingga terbenam ikannya dan masak di atas kompor.

20160104_094414
Rencana awal saya akan memasak ikan hingga 1,5 jam karena saya ga mau gagal melunakkan tulang so saya tambahkan waktu 30 menit dari resep rujukan. Tapi tiba-tiba gas saya habis di 10 menit terakhir, ah ribet n males kalo disela dengan ganti tabung gas dulu dan saya pikir sudah lewat satu jam jadi saya sudahi saja masak di presto.

 

Setelah uap di dalam panci keluar semua. Panci saya buka dan seperti ini tampilannya.

 

20160104_111935.jpg
Well, si tulang memang lunak, berarti target saya tercapai nih hihihi…
Tapi meksi ga hancur lebur, tampilan ikan kurang cantik ya.

20160104_113308.jpg

 

Masi jadi PR buat saya gimana cara supaya si ikan bisa tetep bagus bentuknya meski dimasak lama di panci presto. Ato apa perlu ditambah ragi ya di bumbunya, soalnya saya pernah baca cara bikin bandeng presto ditambah ragi, cuma saya ga tahu apa fungsi ragi ini. Ato mungkin setelah dibungkus daun pisang dan dimasukkan ke panci, si ikan perlu saya tindih pake cobek supaya ga gerak-gerak dan mengurangi resiko hancur. Ahh… baiklah mungkin pada eksperimen berikutnya saya menemukan jawabannya.

 

Penulis: Ismawati

Ibu dari dua anak, suka menulis dan belajar masak tapi takut sekali menjadi pikun. Buat saya menulis bukan cuma hobi tapi juga senjata melawan kepikunan :) Semoga apa yang saya tulis ada manfaatnya buat para tamu yang mampir ke sini.

Tinggalkan Balasan

